Para Imam Filipina Segera Menyerahkan Senjata - Warta Katolik

Breaking

Bagi Yang Ingin Kegiatannya Dipublikasikan Di Blog Ini, Mohon Hubungi WA No. 081345227640

Minggu, 24 Juni 2018

Para Imam Filipina Segera Menyerahkan Senjata

MANILA - Para imam Filipina yang dilaporkan memiliki dan membawa senjata api di sebuah keuskupan di selatan Manila akan menyerahkan senjata mereka kepada polisi, demikian menurut prelatus mereka.

Mgr Buenaventura Famadico,  uskup keuskupan San Pablo mengatakan dia mencari bantuan  Kepolisian Nasional Filipina tentang cara menyerahkan senjata yang dimiliki oleh beberapa pastor.

Uskup itu mengklarifikasi laporan sebuah harian di Manila bahwa para imam keuskupan San Pablo mempersenjatai diri mereka sendiri setelah pembunuhan tiga imam dalam beberapa bulan terakhir.

“Tidak benar mereka mempersenjatai diri mereka sendiri menyusul  (pembunuhan). Mereka sudah memiliki senjata sebelumnya,” kata Uskup Famadico yang juga salah satua  Ketua  Komisi Konferensi Waligereja Filipina.

Namun, dia mengatakan bahwa para rohaniwan di keuskupannya sejak itu menerapkan kebijakan tentang memiliki atau membawa senjata api.

“Kami datang dengan kebijakan umum. Masing-masing tidak akan memiliki senjata,” kata uskup. “Secara pribadi, saya tidak menyetujui para imam  memiliki senjata untuk tujuan apa pun,” tambahnya.

Konferensi Waligereja Filipina telah mengeluarkan sebuah pernyataan yang menolak gagasan  meminta para imam untuk melindungi diri mereka sendiri.

“Kami adalah hamba Tuhan, umat Gereja  dan itu adalah bagian dari pelayanan kami  menghadapi bahaya kematian jika memang itu adalah jalan yang harus dilalui,” demikian  pernyataan dari Konferensi Waligereja Filipina.

Mgr Pablo Virgilio David, uskup keuskupan Kalookan mengkritik para imam yang membawa senjata untuk perlindungan.

“Mereka mungkin ingin mempertimbangkan meninggalkan imamat dan bergabung dengan polisi atau militer,” kata prelatus itu.

Mgr Rolando Tirona, uskup keuskupan agung Nueva Caceres mengatakan bahwa pemerintah harus mengatasi sejumlah pembunuhan yang mengkhawatirkan di seluruh negeri untuk mencegah warganya  mempersenjatai diri mereka sendiri.

Kelompok HAM telah memperkirakan bahwa sekitar 23.000 pengguna dan pengedar narkoba yang diduga telah tewas dalam dua tahun terakhir di bawah “perang melawan narkoba” pemerintah.

Para senator oposisi juga mengkritik langkah yang dilaporkan itu untuk mempersenjatai para anggota klerus.

“Kami tidak dapat membayangkan para gembala dari tekanan yang sangat besar untuk tetap setia siap untuk ditembak dengan pistol  dari pinggang manusia,” kata Senator Leila de Lima.

Dia mengatakan, mengubah “orang-orang damai” menjadi pembunuh potensial adalah “kekejian yang bisa membuat kepalanya hanya di bawah pemerintahan yang mempromosikan kekerasan lebih dari apa pun.”

“Daripada mempersenjatai para imam, kita harus mulai melumpuhkan (Presiden Rodrigo) Duterte dari sumber kekerasan dan kebenciannya yang telah memungkinkan dia  menimbulkan begitu banyak rasa sakit dan menyakiti orang-orang Filipina,” kata De Lima.

Legislator oposisi lainnya, Senator Risa Hontiveros, mengatakan bahwa para imam mempersenjatai diri mereka sendiri adalah tanda “keputusasaan.”

“Ketika pemerintah tidak dapat menjamin keselamatan dan keamanan publik, dan lebih buruk lagi, dilihat oleh banyak warga yang terlibat dalam banyak pembunuhan, banyak warga  akan mengambil tindakan sendiri untuk membela hidup mereka,” kata sang senator.

Hontiveros telah menekan Senat  melakukan penyelidikan terhadap pembunuhan para imam Katolik baru-baru ini, Richmond Villaflor Nilo, Mark Ventura, dan Marcelito Paez.

Sumber : indonesia.ucanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar