Bupati Sekadau Resmikan Penggunaan Gereja Katolik Stasi Tunggang - Warta Katolik

Breaking

Bagi Yang Ingin Kegiatannya Dipublikasikan Di Blog Ini, Mohon Hubungi WA No. 081345227640

Senin, 28 Mei 2018

Bupati Sekadau Resmikan Penggunaan Gereja Katolik Stasi Tunggang

SEKADAU - Bupati Sekadau Rupinus bersama wakil bupati Sekadau Aloysius meresmikan secara langsung penggunaan gereja Katolik Santa Gemma Stasi Tunggang, Desa Timpuk Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau pada Sabtu, (27/5).

Peresmian gereja Katolik Santa Gemma Stasi Tunggang ini ditandai dengan pembukaan tirai papan gereja oleh Bupati Sekadau Rupinus dan Pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Sekadau Aloysius.

Seusai peresmian gereja oleh Bupati lalu kemudian dilanjutkan dengan pemberkatan seluruh bagian luar dan dalam gereja Katolik Santa Gemma oleh Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Yulius Mencucini, CP. Selain memberkati Gereja santa Gemma, Uskup Sanggau Mgr. Yulius Mencucini, CP juga dalam perayaan misa syukur peresmian gereja ini memberikan Sakramen Krisma kepada 70 orang umat katolik dari berbagai stasi di kedesaan Timpuk khususnya Rt Simplas.

Hadir mendampingi Bupati dan Wakil Bupati, Kadis Pemuda dan Olahraga Paulus, Kadis Dukcapil Ignasius Boni, Plt. Kabag Humas dan Protoko, Leonardus. Hadir juga Camat Sekadau Hilir dan Kapolsek Sekadau Hilir. Hadir juga mendampingi Uskup Pastor Paroki Sekadau Pastor Kristianus, CP, Pastor Paroki Monumental Pastor Maing, Pr, Pastor Jon, Diakon dan suster. Ada juga yang hadir dari tokoh masyarakat seperti Paulus Lion.

Kedatangan rombongan Bupati Sekadau disambut antusias oleh masyarakat dusun Tunggang meski jumlah kepala keluarganya hanya 39 KK. Penyambutan rombongan diawali dengan tadisi adat yakni dengan tarian, pancong buluh muda dan minum tuak adat.

Ketua Panitia Lorensius Iyu dalam laporannya menyampaikan adapun biaya yang digunakan untuk pembangunan gereja katolik Santa Gemma Stasi Tunggang ini sebesar Rp 270 Juta. Dalam hal pembangunan gereja ini juga lanjut Lorensius, panitia pembangunan gereja juga mendapat dari Pemerintah Kabupaten Sekadau sebesar Rp 125 Juta, partisipasi dari umat dan donatur sebesar Rp 30 Juta dan bantuan dari Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau sebesar Rp 15 Juta.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati, Bapak Uskup, Pastor Paroki, Para Donatur dan umat Katolik stasi Tunggang,” tuturnya.

Menurut Lorensius bangunan gereja Katolik yang sudah berdiri megah ini nantinya akan menjadi simbol pemersatu umat. "Gereja ini adalah simbol pemersatu umat Katolik,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Timpuk Sirait dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau, atas bantuan dan dukungannya untuk pembangunan rumah ibadah di Desa Timpuk khusunya pembangunan gereja Katolik Santa Gemma.

Dengan banyaknya pembangunan rumah ibadah di desa timpuk menurut Sirait merupakan kebangkitan rohani bagi masyarakat di desa timpuk.

“Gereja ini ibarat mimpi, kampung kecil tetapi bisa berdiri gereja yang megah. Untuk itu saya minta hendaknya selalu ada cinta kasih pada umat Katolik di Tunggang ini. Kalau cinta kasih ini kita amalkan, maka amanlah hidup ini,” pesan Sirait.

Sumber : pontianak.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar