Puluhan Imam Akan Lakukan Pembaharuan Janji Imamat Dalam Misa Krisma - Warta Katolik

Breaking

Bagi Yang Ingin Kegiatannya Dipublikasikan Di Blog Ini, Mohon Hubungi WA No. 081345227640

Senin, 26 Maret 2018

Puluhan Imam Akan Lakukan Pembaharuan Janji Imamat Dalam Misa Krisma

Ilustrasi : Misa Krisma di Keuskupan Agung Semarang

SINTANG - Selasa, (27/3) kurang lebih sebanyak 60 Imam di keuskupan Sintang akan memperbaharui janji Imamat mereka dalam satu misa krisma pada pukul 17.00 wib. Misa langsung dipimpin oleh Uskup Keuskupan Sintang, Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM.Cap

"Kalau ada kesempatan kita bisa menghadiri dan berpartisipasi dalam Misa Krisma ini. Hal ini menunjukkan partisipasi aktif kita dalam persekutuan Gereja lokal Diosesan dan ikut serta dalam konsekrasi minyak krisma serta pembaharuan janji imamat dari para gembala kita," ujar Pak L. Giya selaku Ketua DPP Kristus Raja,yang juga Ketua Panitia Perayaan Paskah 2018 Paroki Kristus Raja Katedral Sintang.

Untuk persiapan acara tersebut, hari ini para imam berkumpul di rumah retret Temenggung Tukung di komplek wisata rohani Bukit Kelam untuk mengadakan retret imam.

Sementara untuk persiapan di katedral sendiri, sore tadi beberapa orang panitia paskah mengadakan kerja bakti membersihkan gereja, serta ibu-ibu dari seksi dekorasi panitia paskah menghias bunga.

Seperti diketahui, pada setiap tahun, di setiap keuskupan di dunia, para imam, diakon dan umat beriman berkumpul bersama Uskupnya untuk merayakan Misa Krisma  Misa Krisma ini biasanya dirayakan  pada  hari Kamis Putih pagi. Namun bisa juga pada hari-hari sebelumnya pada pekan suci, ataupun di luar pekan suci asal masih dekat dengan Paskah, dengan melihat situasi dan kondisi keuskupan masing-masing, sehingga para imam sekeuskupan bisa hadir  dan umat beriman sekeuskupan pun bisa berpartisipasi dalam misa krisma ini.

Pada Misa Krisma, uskup memberkati (menguduskan) minyak Krisma dan minyak katekumen serta minyak untuk pengurapan orang sakit. Selain itu dalam misa ini ada Pembaharuan Janji Imamat. Para imam, di hadapan uskup dan umat beriman yang hadir, membaharui janji imamatnya.

Mengapa disebut  “Misa  Krisma” ?

Disebut “Misa Krisma” karena dalam perayaan ini minyak krisma dikonsekrir (dikuduskan); minyak ini segera akan digunakan pada perayaan Malam Paskah dalam upacara pembabtisan para katekumen, selainnya nantinya minyak krisma juga digunakan sepanjang tahun untuk penerimaan Sakramen Pembabtisan, penerimaan Sakramen Krisma, pengurapan pada saat pentahbisan imam, pentahbisan (pemberkatan) altar dan/atau gedung gereja baru, serta pemberkatan benda/barang kudus lainnya seperti piala, patena, sibori, dsb.

Bersama dengan upacara pemberkatan minyak krisma yang menjadi fokus dari perayaan ini, disertai juga pemberkatan minyak untuk pelayanan Sakramen  Orang Sakit, dan pemberkatan minyak katekumen, yang digunakan dalam perayaan penerimaan katekumen bagi orang dewasa.

Pembaharuan Janji Imamat

Umat beriman dan para iman yang berkarya di keuskupan diundang hadir dalam Misa Krisma ini. Hal ini untuk mengungkapkan persekutuan Gereja lokal (diosesan) di bawah kepemimpinan Uskup. Maka Misa Krisma  merupakan ungkapan persekutuan Gereja Keuskupan, yang di dalamnya selain uapacara pemberkatan minyak krisma, ada pembaharuan JANJI IMAMAT.

Uskup membaharui janjinya sebagai gembala umat di hadapan umat beriman dan para imam (pastor) pembantunya. Demikian juga kalau ada Uskup Pembantu (uskup koajutor atau auxilier), dia juga membuat pembaharuan janjinya di hadapan uskup pimpinannya dan umat beriman yang hadir.

Para imam (dan juga diakon) membaharui janji imamatnya di hadapan uskup dan umat sebagaimana mereka telah ungkapkan pada saat tahbisan. Intinya dalam pembaharuan janji imamat ini mereka berjanji : untuk hidup yang lebih bersatu dengan Tuhan Yesus Kristus, berusaha untuk menjadi seperti Dia dalam tugas-tugas pelayanan, meninggalkan diri untuk lebih setia kepada komitmen yang telah  diikrarkan saat tahbisan: komitmen untuk merayakan Ekaristi dan pelayanan Sakramen-sakramen Gereja,  memaklumkan Sabda Tuhan dan melaksanakan pelayanan karya Cinta Kasih Kristus. Komitmen yang mendapat pengukuhannya dalam pengurapan imamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar