23 Orang Akan Dibaptis Pada Malam Paskah Di Katedral Sintang - Warta Katolik

Breaking

Bagi Yang Ingin Kegiatannya Dipublikasikan Di Blog Ini, Mohon Hubungi WA No. 081345227640

Sabtu, 31 Maret 2018

23 Orang Akan Dibaptis Pada Malam Paskah Di Katedral Sintang

Foto Baptisan di Gereja Yohanes Don Bosco, Sunter Jakarta Utara
SINTANG - Pelaksanaan misa Malam Paskah atau Sabtu Suci (31/3) di Katedral Sintang juga akan ditandai dengan pembaptisan sebanyak 23 katekumen.

"Mereka terdiri dari orang dewasa dan beberapa anak-anak." kata Romo Yohanes Pranoto, saat ditemui Warta Katolik ditengah kesibukannya memantau persiapan pelaksanaan misa Malam Paskah.

Romo Pranoto, panggilan akrabnya mengungkapkan untuk masuk menjadi Katolik, tidaklah mudah. Orang yang ingin masuk menjadi warga Gereja Katolik harus melewati tahap-tahap yang panjang.

"Justeru melalui proses ini, kemurnian dan kesungguhan untuk menjadi Katolik semakin diuji. Melalui proses yang kira-kira menghabiskan kurang lebih waktu 1 tahun, tujuan dan minat seseorang semakin dimurnikan, selain itu juga diharapkan orang tersebut benar-benar menguasai dasar-dasar beriman secara Katolik yang benar," jelasnya.

Tambahnya menjadi Katolik tidaklah cukup dengan sekedar mengucapkan syahadat lalu jadi Katolik.

"Tidak sedikit yang gagal selama pelajaran, dan akhirnya gagal pula/ditunda untuk menjadi orang Katolik," tambahnya.

Jadi, lanjutnya jika ada tudingan atau anggapan tentang isu Kristenisasi sebenarnya lebih bersifat isapan jempol, karena untuk menjadi Katolik itu tidak gampang seperti membalikkan telapak tangan.

"Jadi nanti malam, para calon baptisan ini akan resmi diterima sebagai warga gereja Katolik dalam satu acara pembaptisan oleh Bapak Uskup kita. Bagi yang sudah dewasa mereka akan menerima inisiasi yakni baptis, ekaristi dan krisma," jelas Romo Pranoto.

Misa Malam Paskah di Katedral Sintang ini sendiri akan dimulai pada pukul 19.00 wib yang diawali dengan upacara cahaya. (phs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar